Human Computer Interaction (HCI)

tasks at the second meeting on the course Human Interaction Computer


Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) / HCI (Human Computer Interaction) yang merupakan salah satu disiplin ilmu yang mengkaji komunikasi atau interaksi antara pengguna dan sistem .
sistem tersebut meliputi 
  • sistem pada komputer
  • sistem yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari : kendaraan, peralatan rumah tangga dan sebagainya.
peran IMK sendiri meliputi 3 komponen :
  1. pengguna
  2. interaksi
  3. sistem
disini IMK sendiri memiliki 3 kunci utama , yaitu sistem yang harus mudah digunakan, memberi keamanan pada si pengguna dan yang terpenting yaitu mudah untuk dipelajari.

adapun disiplin ilmu terkait pada pembelajaran IMK / HCI ini, yaitu:

1. computer science and software engineering 
Faktor ini berkaitan dengan Ilmu komputer dan teknik : membuat teknologi Pembuatan suatu software haruslah efisien dalam perhitungan matematika. Jika suatu software bisa dijalankan oleh semua orang yang baru belajar maupun pakar, unsur kemudahan dalam segi hitungan matematika akan membuat software tersebut disukai oleh banyak orang.
Komputer didefinisikan sebagai perangkat elektronik yang dapat dipakai untuk mengolah data dengan perantaraan sebuah program yang mampu memberikan informasi. Komputer dapat pula diartikan sebagai suatu mesin yang menerima input untuk diproses dan menghasilkan output. Ilmu komputer berakar dari elektronika, matematika dan linguistik.
serta pada ilmu komputer ini pun memberikan kerangka kerja untuk dapat merancang sistem HCI

2. cognitive psychology yang memberikan dasar pengetahuan mengenai persepsi user, kognitif, kemampuan pemecahan masalah. Pemahaman akan psikologi orang yang akan menggunakan software sangat dibutuhkan mengingat setiap user memiliki sifat dan kelakuan yang berbeda. didalam merancang program faktor ini harus dipikirkan terlebih dahulu, seperti siapa target pengguna program, bagaimana suasana lingkungan, perilaku pengguna secara umum dan sebagainya agar program yang dirancang lebih user friendly. 

Faktor ini juga mencakup pengetahuan dan keahlian pengguna dalam mempersepsikan dan memecahkan masalah (problem solving). Mengingat setiap user memiliki sifat dan kelakuan yang berbeda. Dalam perancangan program, harus diperhatikan :
  •  siapa target pengguna program
  •  bagaimana lingkungan nya
  •  bagaimana perilaku mereka secara umum sehingga hasil program lebih user friendly.

3. Social and Organizational Psychology
Faktor ini adalah Psikologi dan ilmu kognitif : persepsi user, kognitif, kemampuan memecahkan masalah. Pemahaman akan psikologi orang yang akan menggunakan software sangat dibutuhkan mengingat setiap user memiliki sifat dan kelakuan yang berbeda. Didalam merancang progran faktor ini harus dipikirkan terlebih dahulu, seperti siapa target pengguna program, bagaimana suasana lingkungan, perilaku pengguna secara umum dan sebagainya agar program yang dirancang lebih user friendly. Faktor ini juga mencakup pengetahuan dan keahlian pengguna dalam mempersepsikan dan memecahkan masalah (problem solving)
  • menjelaskan dan mengidentifikasikan bagaimana orang bekerja sama dan betapa dibutuhkan sebuah sistem komputer untuk bekerjasama.
  • memberikan kerangka kerja dari interaksi dan komunikasi sosial yang diambil dari HCI frame work.
  • mampu menyediakan pengetahuan tentang user bisa atau tidak bisa diharapkan dalam melakukan sesuatu
  • mengidentifikasi dan menjelaskan secara alami penyebab timbulnya masalah-masalah dari user yang tidak perhitungkan
  • penyediaan metoda dan "tools" modeling untuk membantu membangun "interface"yang lebih mudah untuk digunakan.
4. ergonomics and human factors
ergonomics : Faktor ini berhubungan dengan aspek fisik untuk mendapatkan lingkungan kerja yang nyaman. Letak meja, kursi, monitor, keyboard, mouse, posisi duduk, pengaturan pencahayaan, kebersihan dan berbagai aspek lain akan sangat berpengaruh terhadap interaksi manusia dengan komputer yang digunakan. bagaimana hal tersebut mempengaruhi kinerja user menitikberatkan pada karakteristik fisik.
Ergonomik berhubungan dengan aspek fisik untuk mendapatkan lingkungan kerja yang nyaman. Manusia yang bekerja di depan komputer, biasanya menghabiskan waktu yang cukup lama. Maka letak meja, kursi, monitor, keyboard, mouse, posisi duduk, pengaturan cahaya, kebersihan dan berbagai aspek lain sangat berpengaruh terhadap interaksi manusia dan komputer yang digunakannya.

human factor : meliputi tentang studi dan tingkah lakunya pengguna dalam menggunakan mesin, alat-alat tekhnologi dan sistem dalam konteks semua jenis sistem , apakah itu komputer, mekanik, atau manual.
dalam hal ini juga mempengaruhi studi interaksi manusia dan komputer adalah ilmu dan tekhnologi informasi, yang membahas tekhnologi dan memperhatikan manajemen dan manipulasi informasi suatu organisasi.

5.engineering
Faktor ini berkaitan dengan rekayasa perangkat lunak. Rakayasa perangkat lunak dapat didefinisikan sebagai berikut :
1. Instruksi-instruksi yang bila dieksekusi akan memberikan fungsi dan kerja yang diinginkan
2. Struktur data yang memungkinkan suatu program memanipulasi informasi secara proposional
3. Dokumen yang menggambarkan operasi dan kegunaan program
Faktor ini dapat menciptakan suatu program yang efektif, efisien dan user friendly sehingga dapat dihasilkan suatu mesin yang betul-betul diinginkan oleh user. Sebuah antarmuka sistem yang baik perlu memperhatikan beberapa prinsip/ aturan/ langkah yang cerdas agar tercipta user interface yang baik. Sebuah sistem yang baik, diantarnya memiliki beberapa kriteria,
  •  Memiliki tampilan yang bagus
  •  Mudah dioperasikan
  •  Mudah dipelajari
  •  Pengguna selalu merasa
  •  senang setiap kali menggunakan software tersebut

6. design
bagaimanapun pengembangan akan tumpang tindih dan memberikan informasi selama mendesign, masalah pada kebutuhan akan diketahui. selama coding akan ditemukan masalah. proses pada sebuah software itu bukan model linear yang mudah, tetapi membutuhkan urutan dari pengulangan aktifitas pengembangan

7. anthropology
Faktor ini memberikan gambaran tentang tata cara kerja kelompok yang masing-masing anggotanya diharapkan dapat memberikan kontribusi sesuai bidang masing-masing. Faktor antropologi dapat memberikan pandangan yang mendalam tentang tata cara kerja dari setiap kelompok karyawan yang ada, dimana terjadi komunikasi antara manusia dan peralatan yang mereka gunakan.

8. sociology
Faktor ini berhubungan dengan pengaruh sistem komputer dalam struktur sosial. Pada intinya faktor ini merupakan konteks dari suatu interaksi.

9. philosophy
Faktor ini berhubungan dengan pengaruh sistem komputer dalam struktur sosial. Pada intinya faktor ini merupakan konteks dari suatu interaksi. Sosiologi berkaitan studi tentang pengaruh sistem manusia-komputer dalam struktur sosial, misal adanya PHK karena adanya otomasi kantor.

10. Linguistics
Peran bahasa yang digunakan sebagai antar muka agar user lebih mudah menggunakan sistem tersebut dan tidak terjadi kesalah pahaman di dalam menggunakannya. Dibutuhkan suatu komposisi bahasa yang sangat baik dan dapat dengan mudah dimengerti oleh user. untuk melakukan dialog diperlukan komunikasi yang memadai menggunakan bahasa khusus, seperti bahasa grafis, bahasa menu, dan bahasa perintah.

11. Artificial Intelligence
Kecerdasan buatan  bertujuan agar komputer dapat melakukan pekerjaan seperti dan sebaik yang dilakukan manusia serta menggabungkan cara berpikir manusia dan mesin, untuk mengambil keputusan, memecahkan masalah dan pembelajaran.

Faktor kecerdasan buatan mempunyai peran untuk menciptakan suatu sistem yang betul-betul andal, canggih dan menyerupai pola berpikir manusia, misalnya Robot. Selain itu faktor ini menyebabkan perkembangan HCI semakin sulit dibayangkan.

AI menawarkan pembelajaran dari HCI:
  • pertama, menawarkan variasi dari model yang kognitif untuk mewakili user sesuai dengan model yang ditest
  • kedua, menawarkan kemungkinan inteligent systems digunakan pada HCI. Inteligence system akan menuntun pada educational setting.
12. multimedia
Konteks multimedia digunakan sebagai sarana dialog yang sangat efektif antara manusia dan komputer untuk menghasilkan tampilan yang lebih menarik dan lebih mudah dimengerti oleh pengguna misalnya dengan gambar, suara, teks, grafik dan sebagainya.


Share:

3 comments